Pedro4d | Daftar pustaka adalah bagian penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. Daftar pustaka memberikan informasi mengenai sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan karya tulis tersebut. Dalam era digital seperti sekarang, banyak sumber informasi yang berasal dari website. Oleh karena itu, penting bagi penulis untuk mengetahui cara membuat daftar pustaka dari website dengan menggunakan Mendeley, salah satu aplikasi manajemen referensi yang populer.

Apa itu Mendeley?

Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi yang dapat membantu penulis dalam mengorganisir dan mengelola referensi dari berbagai sumber. Dengan Mendeley, penulis dapat dengan mudah menyimpan, mengatur, dan mengutip referensi dalam karya tulis mereka.

Langkah-langkah Membuat Daftar Pustaka dari Website dengan Mendeley

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat daftar pustaka dari website dengan menggunakan Mendeley:

  1. Langkah pertama adalah menginstal Mendeley di perangkat Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi Mendeley dari situs resminya dan mengikuti petunjuk instalasi yang disediakan.
  2. Setelah menginstal Mendeley, buka aplikasi dan buat akun pengguna baru jika Anda belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun, masuklah ke dalam aplikasi menggunakan akun tersebut.
  3. Pilih opsi “Add Document” atau “Add Files” di Mendeley untuk menambahkan dokumen atau file yang ingin Anda gunakan sebagai referensi. Anda dapat menambahkan file PDF, dokumen Word, atau file lainnya yang berisi referensi dari website.
  4. Selanjutnya, Mendeley akan secara otomatis mengimpor metadata dari dokumen atau file yang Anda tambahkan. Metadata ini mencakup informasi seperti judul, penulis, tahun publikasi, dan lain-lain.
  5. Jika Mendeley tidak dapat mengimpor metadata secara otomatis, Anda dapat memasukkan metadata secara manual dengan mengklik kanan pada dokumen atau file yang ingin Anda tambahkan, lalu pilih opsi “Edit Details”.
  6. Setelah Anda berhasil menambahkan dokumen atau file yang berisi referensi dari website, Anda dapat menambahkan catatan atau tag untuk memudahkan pengorganisasian dan pencarian referensi di Mendeley.
  7. Untuk mengutip referensi dari website dalam karya tulis Anda, buka dokumen atau file yang berisi referensi tersebut di Mendeley. Klik kanan pada referensi yang ingin Anda kutip, lalu pilih opsi “Copy As” dan pilih format kutipan yang sesuai dengan gaya penulisan Anda (misalnya APA, MLA, atau Harvard).
  8. Tempelkan kutipan yang telah Anda salin ke dalam teks karya tulis Anda pada bagian yang sesuai. Pastikan untuk mencantumkan sumber referensi yang lengkap dalam daftar pustaka Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat daftar pustaka dari website dengan menggunakan Mendeley. Mendeley akan membantu Anda mengorganisir referensi Anda dengan baik dan memastikan keakuratan dan konsistensi dalam pengutipan.

Kesimpulan

Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi yang dapat membantu penulis dalam mengorganisir dan mengutip referensi dari website. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah membuat daftar pustaka yang akurat dan lengkap dalam karya tulis Anda. Mendeley dapat menjadi alat yang berguna bagi penulis dalam mempermudah proses penulisan dan menghindari kesalahan dalam pengutipan referensi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar atau bekerja dalam bidang penulisan ilmiah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *